SISTEM MULTIMEDIA


1. DASAR-DASAR MULTIMEDIA

Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Multi berati banyak atau bermacam-macam, sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi (pesan). Jadi kata ‘multimedia’ dapat diartikan sebagai penyatuan beberapa media yang didefinisikan sebagai elemen. Ex: gambar, suara, animasi, video.

Jenis-jenis Multimedia:

  • Multimedia Interaktif

User dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Ex: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality, dll.
  • Multimedia Hiperaktif

Struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada. Ex: world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll.
  • Multimedia Linear / Squential
Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Jenis seperti ini dapat dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV. Perbedaanya dengan multimedia interaktif yaitu, dimana pengguna berinteraksi dengan media melalui bantuan computer, mouse, keyboard dll.
  • Multimedia presentasi pembelajaran

Bisa dilihat dari judulnya “pembelajaran”  yaitu alat bantu guru untuk proses belajar mengajara dikelas. Ex: Microsoft Power Point.
  • Multimedia pembelajaran mandiri

Software pembelajaran yang bias dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Biasanya bersikian fitu assemen untuk latihan ujian dan simulasi serta tahapan dalam pemecahan masalahnya        . Ex:  Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
  • Multimedia kits
Kumpulan bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal. Yang didalamnya seperti: CD-ROM, SLIDE, KASET AUDIO, GAMBAR DIAM, STUDY CETAK, TRANSPARASI OVERHEAD. Tujuannya sendiri yakni untuk pendukung presentasi dikelas.
  • Hypermedia
media yang tidak hanya memuat teks saja tetapi juga foto, audio, video dan grafis computer. Contohnya bila kita membuka suatu link di website.
  • Media Interaktif
sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak hanya meilhat gambar dan mendengar suara. Tetapi juga dapat membuat tanggapan aktif.
  • Virtual Realitas
Sering disebut juga vr. Yaitu sebuah teknologi, dimana pengguna dapat berinteraksi secara nyata dengan lingkungan yang ada didalam dunia maya. Sehingga membuat pengguna merasa benar-benar ada didalamnya.


APLIKASI MULTIMEDIA

  • Media Player

    • Winamp
    • WinDVD
    • PowerDVD
    • Musicmatch Jukebox
  • Audio/Video Edtor
    • Adobe Premiere Pro
    • Adobe Premiere Elements
    • Windows Movie Maker
    • Pinnacle Studio
  • Graphis/Image Viewer
    • ACDSee
    • XNView
    • Irfan View
    • Microsoft Picture Manager
  • Graphic/Image Editor
    • Adobe Photoshop
    • Corel Draw
    • Microsoft Paint
    • Paint Shop Pro
    • GIMP
  • Animasi
    • Macromedia Flash
    • Houdini Animation Software
  • Graphic 3D
    • 3D Studio Max
    • Silo 3D Modelling
    • Maya

BIDANG – BIDANG APLIKASI MULTIMEDIA

  • Aplikasi dalam Bidang Produksi

Untuk merancang dan merakayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi.
  • Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan

Meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman dan perbankan. Contohnya adalah situs SmartMoney.com.
  • Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi

Penerapan aplikasi pada bidang ini contohnya aplikasi pada Sistem  Informasi  Akuntansi  (SIA).
  • Aplikasi dalam Bidang Pemasaran

Tertuju  kepada  aktivitas  pemasaran, khususnya  aktivitas promosi  yang meliputi  periklanan,  promosi  penjualan,  penjualan  perseorangan, public  realtion  dan penjualan langsung termasuk penjualan melalui jaringan internet. Contoh : Periklanan televisi,
  • Aplikasi Multimedia di Bidang Travel

Aplikasi berbasis Web digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnyatermasuk informasi biaya perjalanan, travel news, fitur paket  liburan, dan pemesanan online untuk lodging dan transportasi melalui darat, laut dan udara. EX: traveloka
  • Aplikasi Multimedia dalam Bidang Pendidikan

Media pembelajaran , baik dalam kelas maupun secara sendiri sendiri.  Contohnya dalam bentuk permainan berbasis edukasi, aplikasi penyampaian materi dan latihan soal-soal.
  • Aplikasi dalam Bidang Kesehatan

Multimedia  dapat mendukung  pelayanan  dan  fasilitas sistem  kesehatan, ilmu  kesehatan,  kantor  pendidikan  medis,  perpustakaan  ilmu  kesehatan  dan fotografi  medis serta pelayanan produksi median.
  • Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan

Dalam bidang hiburan multimedia digunakan dalam film, musik, radio interaktif, televisi interaktif, game elektronik.
  • Aplikasi Multimedia dalam Bidang Publishing
Banyak  informasi  yang  dapat  dipublikasikan  secara  elektronik  melalui dokumentasi  elektronik misalnya penyajian buku yang setiap materinya dapat terdiri dari grafik, animasi, audio dan video
  • Aplikasi Multimedia dalam Bidang Pemerintahan

Aplikasi multimedia yang paling menonjol dalam bidang kepemerintahan adalah E-Government, Profil Departemen dan Kios Informasi tentang Kota.

2. PRODUKSI KONTEN MULTIMEDIA

Jenis-jenis konten multimedia:

  1. Teks : simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki size, style, dan warna. Satuan ukuran teks adalah length dan size.

Jenis-jenis teks :

  • Plain Text (Unformatted Text) file tidak terenkrispsi, tidak mengandung embedded information, seperti informasi font, tidak mengandung link, dan inline‐image.
  • Formatted Text (Rich Text Format) diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarna, diganti font, dan lain‐lain.
  • Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking contohmya HTML dan XML.
Grafik/Gambar : alat yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan informasi secara grafis. Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Sedangkan Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film.
Terdapat 2 jenis Grafik yaitu :
  • Raster: dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah.
  • Vector: dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya. Gambar vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus.
Format pada gambar adalah Bitmap (.BMP), Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG), Graphics Interchange Format (.GIF), dan Portable Network Graphics (.PNG).
  • Audio : segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.
  • Video : teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Gambar‐gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satu fps.
  • Special Effect : Special Effect di dalam motion picture, merupakan teknik kamera yang membuat ilusi pada pikiran penonton Visual effect merupakan sub kategori dari special effects, visual effects adalah sebuah istilah yang banyak digunakan pada dunia visualisasi dan motion graphic.
  • Animasi : Animasi adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Ketika frame‐frame tersebut digabungkan, maka terdapat ilusi perubahan gambar, sesuai dengan teori yang disebut dengan “persistance of vision”.
  • Interaktivitas : interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan. Seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk media atau jalur di dalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna.

4.Representasi Dan Kompresi Data Teks

Kompresi: memampatkan/mengecilkan ukuran. Contoh kompresi sederhana: kata yang di kompres menjadi kata yg lebih kecil. Kompresi data sangat penting karena memperkecil kebutuhan penyimpanan data.

   Jenis Kompresi Data Berdasarkan Mode Penerimaan Data oleh Manusia

  • Dialoque Mode:  penerimaan data dimana pengirim dan penerima seakan berdialog (real time). contoh video conference.
  • Retrieval Mode: penerimaan data tidak dilakukan secara real time

Kompresi Data Berdasarkan Output

  • Lossy Compression: walaupun hasil kompresi data beda sama yg asli, tetapi cukup sangat dekat perbedaanya.
  • Ex: image asli berukuran 12,249 bytes, dilakukan kompresi dengan JPEG kualitas 30 maka image berukuran: 1,869 bytes, Image tersebut 85% lebih kecil dan ratio kompresi 15%.
  • Loseless: dimana data kompresi dapat didekompres lagi dan hasilnya tetap sama seperti data sebelumnya. Ex: ZIP, RAR, GZIP, 7-Zip.

Contoh-contoh Teknik Kompresi Teks

  • Run-Length-Encoding (RLE)
Kalo ada huruf yang sma. Ex: Data: ABCCCCCCCCDEFGGGG = 17 karakter tipe 1 (min. 4 huruf sama) : ABC!8DEFG!4 = 11 karakter ‘!’ untuk menandai.
Jika ada karakter angka, mana tanda mulai dan akhir?
Ex: ABCCCCCCCCDEFGGGG = 17 karakter
RLE tipe 2: -2AB8C-3DEF4G = 13 karakter
[-2]  didapat dr Banyak Huruf Sebelum Huruf yang sama
  • Aplikasi Kompresi
    • Zip Fileuntuk WinZip, WinRAR, 7-Zip.
    • Rare FileMenangani RAR dan ZIP, Enkripsi AES. Hasil kompresi lebih kecil

5.     Representasi dan Kompresi Data Suara

suara

Getaran  benda->perbedaan tekanan di udara->melewati udara->pendegar fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda. Jadi dapat disimpulkan: Suara dihasilkan oleh getaran suatu benda. Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan sebagai “GELOMBANG”. Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu, yang disebut sebagai “PERIODE”.

Representasi data

Disebut juga data kompresi: mengurangi/ mempersempit jumlah ruang yg dibutuhkan untuk menyimpan data.

Representasi suara

  • ANALOG TO DIGITAL CONVERSION (ADC) :  mengubah amplitudo gelombang bunyi ke dalam waktu tertentu (disebut juga sampling), sehingga menghasilkan representasi digital dari suara.
  • DIGITAL TO ANALOG CONVERTER (DAC) :  mengubah digital audio menjadi sinyal analog. DAC biasanya hanya menerima sinyal digital Pulse Code Modulation (PCM).
  • PCM adalah representasi digital dari sinyal analog, dimana gelombang
    disample secara beraturan berdasarkan interval waktu tertentu, yang
    kemudian akan diubah ke biner. Proses pengubahan ke biner disebut
    Quantisasi.

KOMPRESI AUDIO

Kompresi audio/video: salah satu bentuk kompresi data untuk mengecilkan ukuran file audio/video dengan metode:
  • Lossy  format : Vorbis, MP3;
  • Loseless  format : FLAC; pengguna : audio engineer, audiophiles
CONTOH FORMAT AUDIO
  • Format CD
Ekstensi:.cda
File dengan format .cda dapat langsung dijalankan melalui CD-ROM, sementara filenya sendiri tidak mempunyai informasi kode modulasi sehingga jika dicopy ke dalam harddisk, file tersebut menjadi tidak dapat di-play.
  • Format Advanced Audio Coding (AAC)
Ekstensi: .m4a, .m4b, .m4p, .m4v, .m4r, .3gp, .mp4, .aac
AAC merupakan format audio menggunakan lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena ada data yang hilang).

6.    Kompresi data citra statis

KOMPRESI DATA CITRA STATIS (STILL IMAGE)

Dilakukan terhadap citra digital dengan tujuan untuk mengurangi redundansi dari data-data yang ada didalamnya

JENIS-JENIS FORMAT CITRA Statis

  • JPEG (.jpg): format untuk menyimpan gambar dengan ukuran lebih kecil
  • GIF (.gif)jenis file yangbisa memainkan animasi gambar sederhana
  • PNG (.png)penyimpanan dengan menggunakan metode pemadatan, agar tidak menghilangkan bagian daari citra
  • BMP (.bmp): Merupakan kompresi tipe lossless. tidak dikompresi, maka ukurannya besar.

Macam-macam Kompresi Citra Statis

  • Kompresi tipe lossless:
tidak menghilangkan informasi setelah kompresi, maka kualitas citra hasil kompresi tidak menurun.
  • Kompresi tipe lossy:
terdapat datayang hilang selama proses kompresi, maka kualitas data yang dihasilkan lebih rendah daripada aslinya
Beberapa teknik loseless:
  • Color reduction: untuk warna-warna yang mayoritas
Chroma subsampling:

HAL-HAL PENTING DALAM KOMPRESI CITRA

  • Quality progressive:dikompres secara perlahan dengan penurunan kualitasnya
  • Resolution progressive: mengenkode resolusi image yang lebih rendah terlebih dahulu baru.
  • Component progressive:berdasarkan komponennya,pertama mengenkode komponen gray baru ke warna.
Contohnya;
Minimizer Pictures
sebuah software untuk mengkompress ukuran file gambar dan foto dari berbagai format JPEG, JPG, GIF, TIFF, PNG, BMP dan EMFÂ hingga 98% lebih kecil dari ukuran aslinya
Mengkompresi File JPEG hingga 98% – mengurangi file JPEG dari 5MB menjadi seukuran 0.1MB

8. Representasi kompresi data citra bergerak (lanjutan)

ANIMASI: gambar begerak terbentuk dari sekumpulan  gambar yang disusun secara beraturan.
Jenis – jenis animasi
   2D                                                             3D
            
Software yang digunakan untuk membuat animasi
2 Dimensi: Adobe Flash, Adobe ImageReady, Corel RaVe, Swish Max
3 DimensiAdobe After Effect, 3D Studio Max, AnimPixels
Format animasi berdasarkan software yang digunakan
2 Dimensi.Fla   .Swf
3 Dimensi: File.max    File.c3d

9. Jaringan Multimedia

Pengertian: penggunaan komputer yang saling terhubung untuk mengkombinasikan atau menampilkan teks, grafik, audio,video dan animasi. dengan menggunakan link dan tools
  1. Ruang Lingkup Multimedia
Teks: dapat dikombinasikan dengan media lain untuk menyajikan informasi
Grafik: Manfaat dalam aplikasi multimedia: Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan konsep, Menunjukan image dan budaya perusahaan, Chart untuk ilustrasi data numeric, Menjelaskan struktur organisasi .
Digital Audio: untuk merekam, menyimpan dan memproduksi suara dalam bentuk digital
Digital Video: perekaman digital yang bekerja menggunakan sinyal video digital
Animasi:  gerakan  yang ditunjukan dengan kumpulan gambar atau frame
  1. Streaming Multimedia
yang terus menerus secara konstant diterima den di tampilkan kepada end user.
  1. Voice over Internet Protocol
yang memungkinkan komunikasi suara menggunkana jaringan berbasis IP.
  1. Session Internet Protocol (SIP)
dimana merupakan produk dari Internet Engineering Task Force (IETF) dan telah digunakan menjadi suatu standart penggunaan VoIP
  1. Real Time Transport Protocol
standarisasi paket untukmengirimkan audio dan video pada jaringan IP

11. Distribusi multimedia

  1. Media Server: sebuah peranti yang menyimpan dan membagikan media(audio/video)
Multimedia Streaming Server: adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung atau streaming di internet.
Ex: youtube, spotify
  1. Broadcasting
penyiaran multimedia baik berupa video maupun suara yang disiarkan kepada penonton melalui media elektronik.
Ex: Live instagram
Cara kerja tv:
  • Kamera merekam sebuah objek yang dengan sistem prism dibagi menjadi tiga warna
  • CCD mengubahnya menjadi sebuah elektronik signal yang disebut video signal
  • Tranmisi merubahnya menjadi signal televisi yang disiarkan melalui antenna dengan gelombang elektromagnetik
  • Anttena rumah akan menerima signal televisi
  • Tunner memisahkan video signal dengan audio signak
  • Video signal dibagi menjadi tiga signal
  • Ketiga signal akan menampilkan gambar
Cara kerja live broadcasting:
bekerja di saat yang bersamaan secara langsung, dimana audio mengirim datanya ke sound card dan dienkripsi oleh encoder yang akan langsung diupload ke streaming server oleh streamer.
EX:
  1. Internet Radio
Yaitu: audio digital yang ditransmisikan melalui internet.
Cara kerja internet radio:
  1. Audio pada sebuah sound card diencoding pada komputer yang digunakan untuk broadcasting
  2. Sistem encode menterjemahkan audio ke streaming format dan mengkompresnya untuk bisa dikirimkan via internet.
  3. Audio yang telah dikompres dikirim ke server
  4. Server mengirimkan data audio melalui internet ke komputer pendengar melalui sebuah plug-in atau software.
  5. Plug-in akan menterjemhkan data audio dari server ke suara yang bisa didengar pendengar
EX: Prambors
  1. Video on Demand (VoD)
sistem televisi interaktif yang memfasilitasi untuk memilih sendiri program televisi atau video yang ingin ditonton.
Cara kerja VOD:
  • Server video memiliki akses ke konten video dan bertanggung jawab untuk pengiriman konten video di sumber terus menerus agar sampai kepada penerima.  Server video berfungsi untuk menyimpan, mengelola file video besar dan kompleks.
  • Software Back Office / Hardware melacak konten, berkaitan dengan legalitas video, masalah royalti, jasa periklanan.
  • Seperti perangkat VCR(Video Cassette Recorder) atau DVD player,  VOD menawarkan sejumlah opsi konfigurasi setelah video selesai didownload.
  • Untuk memiliki kemampuan streaming VOD yang baik membutuhkan koneksi Internet dan juga bandwidth yang stabil. Oleh karena itu, dapat menggunakan koneksi cable modem atau DSL (Digital Subscriber Line) ketika menggunakan layanan VOD.
EX: IFLIX, HOOQ

13. Realita Tertambah (Augmented Reality)

Augmented Reality (AR)
konsep yang memadukan dunia maya(virtual) dan dunia nyata dengan cara menanamkan beberapa object di dalamnya.
Terdapat komponen penting dalam AR yaitu: Marker.
  1. beberapa jenis pemakaian marker dalam augmented reality
Memakai Marker (Marker Based Tracking): pemakaian marker didalamnya untuk memunculkan objek 2D atau 3D.
Tanpa Marker (Markerless)tidak terdapat pemakaian marker didalamnya tetapi menggunakan teknik yang mempunyai ruang lingkup lebih luas.
CONTOH MARKERLESS:
  • Face Tracking :konsep yang menjadikan area wajah sebagai area pemindaian.
Ex: SnapChat dan SnapGram.
  • 3D Object Trackingmengenali benda benda yang berbentuk 3D misalnya kursi dan meja
  • Motion Trackinguntuk menangkap gerakan suatu object. Biasanya di film-film.
  1. Konsep augmented reality
Sensory Augmented: yang berhubungan dengan aspek mempengaruhi sistemsensorik manusia, penglihatan dan pendengaran.
Displaypenggabungan penglihatan dunia nyata melalui layar semitransparan dan memproyeksikan beberapa konten virtual pada layar.
Ex: ARC4
Penggabungan dari dunia nyata dan maya(virtual) tidak terjadi pada layar komputer tetapi langsung pada retina mata manusia.
  1. Konsep video see-through technology(VST) melihat dunia nyata secara tidak langsung yaitu dengan melalui video yang ada di monitor.
Biasanya pada: tampilan  smartphone, laptop dll
  1. Pengertian AR dan VR
Virtual Reality (VR)simulasi buatan komputerdari suatu lingkungan sekitar secara nyata.
Augmented Reality (AR): memadukan dunia maya dan dunia nyata dengan cara menanamkan beberapa object di dalam proses pembuatannya.
  1. Perbedaan AR dan VR
Virtual Realitymenggantikan kenyataan dengan dunia semu secara keseluruhan
Augmented Reality: menambahkan kenyataan dengan benda-benda semu.
  1. Pengunaan VR dan AR
Virtual Realitydikirim ke pengguna melalui perangkat head-mounted display
Augmented realitydigunakan dalam perangkat mobile seperti laptop,smartphone, tablet
  1. Komponen AR
Input Device: alat input berfungsi sebagai sensor.
Ex: kamera di hp
Output Deviceberfungsi sebagai display hasil AR.
Ex: monitor dan head mounted display.
Trackerpelacak agar benda maya tambahan yang dihasilkan berjalan secara real-time
Ex: marker
Prosesoralat pemroses agar program AR bisa berjalan
Ex: prosesor pada PC ataupun perangkat mobile

14. DIGITAL CULTURE

Konsep yang telah disesuaikan dengan sektor lainnya, dan memasukkan perspektif yang berbeda mengenai dampak teknologi digital dan jaringan dalam masyarakat. Semakin murahnya perangkat komputer dan telepon seluler pribadi, dikombinasikan dengan pesatnya perkembangan aplikasi yang menggunakan perangkat lunak bebas (open source)  dan layanan gratis telah menambah banyak fasilitas  akses ke sarana baru produksi dan akses ke pengetahuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memperbaiki file MKV Videos yang rusak

Cara memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika